Rabu, 18 Juli 2012

Semarak Pawai 17 Agustusan


Semarak HUT RI dimeriahkan dengan berbagai cara, mulai dari aneka perlombaan,upacara,pawai berkeliling dan lain lain. Berhubung minggu depan sudah puasa, maka acara pawainya di percepat, . Banyak cara dan gaya pawai, seperti yang dilakukan sejumlah anak - anak dari TK & PAUD se-Muara Badak, salah satunya adalah TK Islam Bintang Kecil dimana ku sekolah.


Ummi..,begitu panggilan guruku disekolah memberitahukan bahwa pawai akan diselenggarakan pada hari Senin, tanggal 16 Juli 2012. Berkumpul di Kampung Dagang pukul 09.00 Wita dengan memakai baju pilihan seperti dengan pakaian adat daerah atau profesi, tapi pakaian lain juga dibolehkan dan tak sabar rasanya menunggu karena ini adalah pengalaman pertama bagiku.


Persiapan pun dimulai dengan mencari baju yang akan dikenakan nanti, Aku maunya  seragam Polisi .. dari berbagai pilihan hanya itu yang menarik hatiku. Bersama teman tetangga Aku,Ayah dan Ibu berkeliling dari salon ke salon yang menyewakan beragam pakaian untuk pawai dengan beraneka pilihan, ukuran, serta harga sewa yang bervariasi. Mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 70.000 (pintar – pintar nawar dan itu tugas ibu aja deh … )  Setelah seharian mampir di beberapa salon, aku belum mendapatkan baju dan ukuran yang cucok dan akhirnya teman tetanggaku yang sudah mendapatkan baju yang cocok baginya.. Sedangkan aku dan ibu pulang dengan tangan hampa.


Keesokan  harinya bersama Ayah dan Ibu, kami berkeliling mencari baju yang di inginkan sampai ke ibu kota kecamatan Muara Badak sekitar 10 Km dari rumah kami….Namun niat dan keinginan ku yang kuat akhirnya pencarian kami tak sia – sia…di sebuah salon kecil dengan nama U2 akhirnya kami mendapatkan pakaian yang ku inginkan. ..dengan harga sewa Rp 50.000. Seragam Polisi pun bisa dibawa pulang. Amboi.. senangnya hatiku. Tak sabar rasanya ingin mengenakannya. Segera setelah dicuci Ayah dan di seterika oleh Ibu langsung ku kenakan baju itu....Waah...… Ganteng dan gagahnya kata Ayahku...dan  … aku terlihat berbeda dari sebelumnya. 

Hari H-pun tiba lah.

Akhirnya hari yang ditunggu- tunggu pun tiba dengan penuh semangat dan senyum ceria ...aku dan teman tetanggaku berseragam polisi lengkap dengan topi dan pluit berfoto bersama di depan rumah.



 ….tapi Ayah ke kantor dulu untuk Tool Box Meeting dan minta izin Bossnya dulu dan di izinkan untuk mengantar aku dan ibu ke Muara Badak. Sekitar pukul 8.30 Wita kami berangkat beserta teman tetangga yang anaknya satu PAUD dengan ku. Dan ternyata teman –temanku tak kalah kerennya dari ku. Ada yang memakai baju tentara lengkap dengan pistolnya, ada yang memakai baju adat, baju peri ….pokoknya seru deh.. senang rasanya.

Sampai disana acaranya belum dimulai. Anak-anak dan para orangtua masih tersebar tak beraturan di pelataran parkir depan Masjid .... Tapi meski terlihat semrawut, nampak jelas kalau masing-masing sudah berkumpul dengan kelompok sekolahnya. Maka begitu tiba kami pun langsung mencari kelompok PAUD Islam Bintang Kecil sekolahku....Sebelumnya ibu sudah call ke Ummi sekolahnya dimana kita kumpul.

...Ternyata sudah pukul 10.30 Wita acara pawainya belum juga di mulai dan aku di suapkan sarapan pagi yang telah dibawa dari rumah oleh ibi, agar ku tidak kelaparan...dan makan nya lahab dan nambah lagi....hehehe.

Aku yang  berseragam polisi lengkap dengan peluitnya. Ah senang sekali….Alhamdulillah ya...Aku happy en enjoy sekali menikmati pawai ini..…mungkin karena baru pertama ikut acara seperti ini….(syukurlah bertingkahnya masih normal dan tetap mau bersama dengan teman-temannya kata ibu kepada ayah)

Sekira satu jam kemudian Ummi guru sibuk membariskan kami masing-masing. Bunyi kerincing bersahut-sahutan di sana dan di sini ditingkahi oleh suara Ummi guru yang mengajak dan memberi perintah. Sibuk dan ramai....pawai dimulai.


Pawai pun dimulai. Dengan baris yang rapi ya..! ( aba – aba dari Ummi ) Maju… jalan..! Kami pun berjalan beriringan seraya bernyanyi dan bersorak gembira ( Hore… !) dengan senyum dan sesekali bercanda dengan sesama  teman. Sesekali juga kami berhenti untuk minum dan merapikan barisan lagi. Walaupun sudah bermandikan keringat, aku dan teman – teman tetap semangat.

Cuaca bersahabat sekali. Langit berawan tipis, cukup untuk menghalangi sinar matahari sehingga anak-anak tak terlalu kepanasan. Angin bertiup sekali-sekali karena Muara Badak berada dipinggir laut , sejuk terasa di kulit. Rute pawainya cukup panjang, dimulai dari parkiran samping Masjid lalu mengikuti sisi kanan jalan naik jembatan putar lalu turun lagi lurus dan belok kembali ke depan Polsek Muara Badak dan terus menyusuri ke arah Lapangan Bola Muara Badak .... Tak terlalu panjang sih tapi lama berhentinya.

Bergiliran tiap sekolah berbaris sambung menyambung. PAUD Islam Bintang Kecil  nomor urut 10. Para Ummi berjalan di depan, memberi aba-aba. Sesekali menghampiri anak-anaknya untuk merapikan barisan. Mereka berdiri tiga berbanjar ke belakang. Tak pernah bisa rapih. Melenceng ke kanan dan ke kiri walaupun di sekeliling mereka dibatasi dan dipegangi oleh orang tua murid.


Tak terasa aku dan teman –teman sudah sampai disebuah lapangan bola yang menjadi akhir dari pawai keliling kami (sudah sampai finish). Dengan serentak kami melambaikan tangan kepada panitia dan semua warga yang menyambut iringan barisan kami. 




Huaa… lega rasanya pawai berjalan lancar. Segara setelah bubar dari barisan, aku teguk minum dan....kami rehat sejenak sambil aku disuapin bekal oleh ibu tercinta untuk makan siang dan ayah beli makanan kecil ditambah es lilin.... dan setelah agak lama rehatnyak..... kami pun langsung pulang dengan motor bertiga menyusuri keramaian yang belum sepenuhnya usai acaranya dalam menyambut 17 Agustusan di Muara Badak,Kutai Kartanegara...negeri yang penuh dengan sumber daya alamnya (SDA) yang melimpah.




Setibanya dirumah ..gluk..gluk..gluk…lagi ku teguk air minumku ..setelah ganti baju, Aku,Ayah dan Ibu tertawa bersama melihat foto pawai yang di dokumentasi kan oleh Ayah tadi..he..he..he.. serunya…
 
 
Hmmm…tahun depan…Aku pakai seragam …apalagi yah…?

Teman-teman ternyata pawai menyenangkan..rasa kebersamaan,kekompakan,semangat dan setia kawan ada didalamnya..yuk kita jaga kebersamaan ini.
Smoga tahun depan kita bisa pawai bersama lagi ..Insyallah…Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar